
Dalam berkarir di salah satu industri hospitaily sendiri tidak terbatas hanya di hotel darat juga loh, kalian juga bisa mencoba peluang untuk bekerja di hotel apung atau yang biasa mereka sebut kapal pesiar. Salah satu posisi strategis dan banyak diminati adalah front office. Jika kalian ingin menjadi staff front office disebuah hotel bintang lima baik di dalam maupun luar negeri kalian perlu mengetahui dan memenuhi syatat menjadi front ofice hotel bintang lima.
Tugas utama Front office bekerja adalah melayani dan membantu tamu. Utamanya, membantu para tamu seperti melakukan check-in, check-out, dan juga memberikan pelayanan produk yang dimiliki oleh hotel tempat bekerja.
Pengetahuan dan ketrampilan hospitality. Seorang front office harus memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memberikan service yang baik kepada para tamu, client, new customer maupun loyal customers dalam penyambutan, berkomunikasi, memberikan informasi, serta memberikan pelayanan terkait kebutuhan reservasi. Jika kalian terjun dibagian ini, kalian harus memiliki kepribadian ramah, baik, disiplin, jujur, bertangung jawab dan taat asas.
Mampu berkomunikasi dengan baik. Seorang front office harus memiliki skill komunikasi yang baik. Jika kalian adalah seorang lulusan sekolah perhotelan, tentunya ketrampilan hospitality telah mereka dapatkan, dan tinggal menyempurnakan ketika mereka memutuskan untuk berkarir di sebuah industri service seperti hotel khususnya hotel dengan label bintang 5 sudah pasti ekslusifitas pelayanan sangat diutamakan. dan memilih menjadi fornt office tentunya kalian harus memiliki profesional tinggi dan look at your best karena ini akan mempengaruhi tingkat kepuasan penyambutan dan pelayanan kepada customer.
Bahasa. Memahami bahasa indonesia dan inggris dengan baik secara lisan maupun tertulis sudah pasti penting dimiliki. Kemampuan bahasa disini yang dimaksud adalah tau cara membedakan kapan menggunakan bahasa formal kerja dan informal dalam sehari-hari.
Mampu menggunakan komputer. Seorang front office harus familiar bekerja by mobile dan juga komputer. Sebagai staff yang bekerja di depan dan melayani tamu tentunya pekerjaanya juga akan bersinggungan dengan data dan sistem komputer. Oleh sebab itu mereka harus mengusasai teknis dasar menggunakan komputer seperti Office untuk lebih memudahkan dalam penginputan data customer.
Mampu dan memiliki komitmen kerja. Seperti yang kita tahu bahwa bekerja di sebuah hotel terutama hotel terkenal dan berbintang lima umumnya memiliki pekerjaan yang sangat sibuk, dan sempurna tanpa kesalahan satupun. Jika kalian melakukan kesalahan dan sampai menimbulkan komplain dari costumer, maka kalian harus siap bertanggungjawab untuk menyelesaikannya.
Dengan berbagai standar ketat dan keterampilan yang harus dikuasai untuk menjadi Front Office di hotel bintang 5, jelas bahwa karir ini membutuhkan fondasi pendidikan yang kuat, pengalaman praktis, serta pembelajaran langsung dari para profesional di industri hospitality.
Jika kamu bercita-cita berkarir di hotel berbintang lima, baik di Indonesia maupun di luar negeri, memilih tempat kuliah yang tepat adalah langkah awal yang sangat penting. Di Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor (STP Bogor), kamu akan dibekali dengan kurikulum berbasis industri, pengalaman magang langsung di hotel-hotel ternama, hingga pelatihan bahasa asing dan keterampilan komunikasi profesional yang sangat dibutuhkan oleh seorang Front Office.
Tidak hanya itu, STP Bogor juga memiliki jaringan luas hingga ke hotel luar negeri dan kapal pesiar, membuka lebih banyak peluang bagi kamu untuk berkarir di tingkat internasional.
Jadi, tunggu apa lagi? Wujudkan mimpi menjadi Front Office profesional melalui pendidikan berkualitas di STP Bogor!
Writer: Alan Darma, Tasya Septiani