Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor

PERAN & FUNGSI FRONT OFFICE DALAM SEBUAH HOTEL

Dari sekian rencana kita saat akan melakukan traveling, pasti ada daftar hotel yang kalian cari. Data BPS tahun 2019 menyebut, jumlah wisatawan domestik dan asing yang menginap di hotel di Indonesia mencapai 85,37 juta. Bisa kalian bayangkan bagaimana industri berkembang dan menyerap banyak tenaga kerja?

Faktanya, hospitality yang diberikan di hotel, adalah kunci utama dari bisnis ini. Front Office yang kalian temui saat memasuki hotel, adalah staff barisan pertama yang menyambut kalian, tentunya setelah tim security. Salah satu department yang aktivitasnya lebih banyak mengenai operasional hotel itu sendiri.

Dalam industri perhotelan, Front Office memiliki tanggung jawab yang berbeda yang tidak sama dengan Front Office di industri lain. Beberapa tugas utama front office hotel meliputi:

1. Pemesanan reservasi

Membantu customers untuk mengecek & mengkonfirmasi pesanan kamar yang telah di pesan via booking online ataupun memesan secara langsung atau on the spot.

2. Mendaftarkan tamu ke kamar kosong

Setelah pesanan hotel terkonfirmasi, Front Office wajib mencarikan kamar kosong sesuai dengan tipe kamar yang di pesan.

3. Menetapkan tarif dan kamar

Menjadi Front Office wajib banget hafal harga atau rate semua tipe kamar yang ada di Hotel. Baik rate regular maupun rate promosi.

4. Penasihat tamu yang professional

Selain itu, tugas Front Office juga sebagai penasihat tamu yang memberikan saran tentang kebutuhan tamu selama mereka menginap di hotel agar terjamin kepuasannya.

5. Memelihara dan menyelesaikan akun tamu

Front Office wajib memiliki kemampuan detail dan cekatan dalam melihat data atau akun tamu yang akan check in maupun yang akan check out.

6. Menjaga catatan sejarah tamu

Terakhir yang paling penting, Front Office wajib menjaga kerahasiaan data tamu terhadap orang luar. Kecuali, sudah menyangkut soal kebutuhan penyidikan kepolisian ataupun Negara.

Tugas yang diuraikan di atas semuanya berhadapan secara langsung dengan tamu, agar menemukan cara untuk melayani kebutuhan mereka dengan lebih baik.

Concierge, Valet Service, Bell Desk juga merupakan bagian dari Front Office. Namun, posisi ini biasanya tidak memerlukan sebuah kantor secara fisik. Dengan demikian, front office adalah “wajah” hotel dan kualitas staff front office hotel dapat menentukan apakah seorang tamu akan memutuskan untuk menginap di hotel tersebut.

Pekerjaan Front Office umumnya harus memiliki Soft-Skill. Dibawah ini adalah daftar kualifikasi yang harus dimiliki jika ingin menjadi bagian Front Office:

1. Keterampilan komunikasi

Keterampilan komunikasi yang baik, wajib di miliki Front Office agar tamu mudah memahami keinginan dan kebutuhan customers. Dan juga yang paling penting, dengan skill komunikasi yang baik. Dapat mengindari maupun mengatasi customers komplen.

2. Mendengarkan secara intensif untuk memahami keluhan dan kebutuhan tamu

Wajib menjadi pendengar yang baik akan kebutuhan dan keluhan customers. Pencatatan tentang kebutuhan dan keluhan customers ini wajib di catat ya, guna menghindari dari kesalahan dan kebutuhan yang tidak terpenuhi oleh customers.

3. Membaca dan menafsirkan kebutuhan tamu

Membaca dan menafsirkan kebutuhan tamu, sudah menjadi keahlian seorang Front Office. Menyediakan kebutuhan tamu, tanpa harus tamu mengkonfirmasi kebutuhannya. Itu akan menjadi poin plus yang akan memuaskan tamu.

4. Keterampilan manajemen waktu

Terampil dalam manajemen waktu, karena front office tidak dapat memperkirakan kedatangan tamu kapan. Jadi harus selalu standby dan dapat melakukan tugas-tugasnya dengan cekatan.

5. Selalu mencari cara untuk membantu orang lain

Untuk menjadi seorang yang bertugas sebagai Front Office, wajib sekali untuk menyapa dan menawarkan bantuan kepada customers.
Sepertinya kamu sangat tertarik menjadi bagian dari industry hospitality, temukan informasi selengkapnya, disini!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via What'sApp Klik Disini!