
Servis Prima untuk pelanggan Hotel sebaiknya tidak hanya fokus pada penyediaan fasilitas, tapi juga bagaimana karyawan hotel melayani tamu. Pelayanan yang baik tentu akan memberikan kesan positif di mata tamu sehingga mereka akan kembali menginap.
Dalam sebuah perusahaan terdapat struktur organisasi sebagai dasar suatu perusahaan untuk beroperasi dengan normal setiap hari agar semua orang dapat bekerja dengan efisien dan optimal. Dimana alur dalam struktur organisasi mencakup kebijakan atau gagasan yang disusun, dirumuskan, dieksekusi dan dapat menghasilkan suatu output tertentu sehingga tujuan perusahaan tercapai. Perencanaan dan perumusan adalah langkah yang dilakukan oleh manajer dan dieksekusi oleh karyawannya. Dalam pelaksanaan eksekusi tentu akan dilakukan pengawasan saat itulah tanggung jawab supervisor berada dalam alur tersebut.
Seorang supervisor dituntut mampu bertindak sebagai jembatan antara manajer dan staf pelaksana atau staf bawah. Tugas seorang supervisor diharuskan untuk berhubungan secara langsung dengan stafnya, hal ini untuk menentukan kelancaran dan selesainya sebuah pekerjaan.
Selain itu supervisor yang baik biasanya memiliki rasa empati yang tinggi senantiasa mendampingi bawahannya menyampaikan informasi dari manajer dengan baik dan dapat merangkul Setiap karyawan di bawahnya. Dengan begitu Setiap karyawan merasa menjadi bagian dari sistem dan bisa bekerja dengan optimal.
Oleh karena itu terdapat beberapa tugas dan tanggung jawab supervisor diantaranya adalah:
1. Mengatur karyawan
Menjadi supervisor maka anda dituntut untuk bisa Mengatur pekerjaan yang akan diselesaikan oleh staf pelaksana. Setiap saat diperlukan pengaturan harian yang jelas oleh supervisor kepada staff bawahannya agar karyawan tetap bekerja maksimal dan tercipta suasana kerja yang disiplin dan tertib. Selain itu juga supervisor harus memberikan perintah untuk menjaga setiap rencana berada dalam satu garis dan tujuan yang jelas.
2. Memberikan motivasi karyawan
Memberikan motivasi kepada karyawan yang ada di bawahnya juga salah satu tugas penting menjadi seorang supervisor guna menjaga fokus dan kualitas kerja karyawan agar tidak merasa bosan dengan pekerjaan yang diberikan sehingga dapat menghasilkan hasil kerja yang optimal.
Seringkali pekerjaan yang diberikan oleh atasan memerlukan pemikiran yang berat namun tugas supervisor setidaknya harus bisa memberikan mood yang baik kepada karyawan, sehingga membuat pekerjaan tersebut menjadi mudah dan menyenangkan untuk dituntaskan.
3. Mampu Menjelaskan deskripsi pekerjaan dengan baik
Selain itu menjadi supervisor dituntut untuk mampu menjelaskan dan mengkomunikasikan rencana kerja pada start bawahannya.
Hal ini tidaklah mudah untuk dilakukan karena pekerjaan yang diinstruksikan oleh manajer tidak dapat langsung dimengerti oleh karyawan maka penjelasan yang disampaikan oleh supervisor harus mampu menyampaikan setiap detail yang ada dalam perencanaan manajer. Sehingga dengan arahan pekerjaan yang baik maka karyawan akan paham dan mengeksekusi perencanaan manajer dengan baik dan tepat.
4. Mampu memberikan arahan pada karyawan
Adanya arahan yang diberikan secara terperinci dan rutin akan membuat pekerjaan karyawan terlaksana dengan baik. Sebagai supervisor selain menjadi ruang koordinasi pekerjaan arahan yang dilakukan secara terjadwal dan rutin dapat menjaga komunikasi yang baik antara supervisor dan bawahannya sehingga dapat menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.
5. Kontrol dan evaluasi kinerja karyawan
Supervisor juga bertugas untuk mengontrol dan memberikan evaluasi dari setiap pekerjaan yang telah dilakukan oleh karyawan. Dengan adanya kontrol yang kuat maka eksekusi pekerjaan yang sesuai rencana bisa terjaga juga dengan adanya evaluasi yang benar dapat dilakukan koreksi terhadap hasil kerja yang tidak menjadi target.