Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor

Belajar mengenai langkah – langkah Persiapan Kamar Hotel dari Room Attendant

Yuk, kenali profesi dan tanggung jawab salah satu department dari Housekeeping ini..

Jika sedang menginap di hotel, pasti kamu selalu merasa nyaman saat berada di sana selama berjam-jam. Tak hanya karena kasurnya yang empuk dan seprai yang lembut, kamar hotel juga terkenal akan kebersihannya. Nah, berbicara mengenai kebersihan kamar hotel, maka kamu pasti ingin tahu bagaimana cara para pekerja hotel membersihkan setiap ruangan?

Tempat tidur di dalam kamar hotel merupakan ‘center point’ yang menjadi titik paling kritis dalam penataan sebuah kamar hotel. Perhatian tamu hotel akan tertuju pada penataan bed atau tempat tidur pada saat pertama kali memasuki ruangan, sehingga diperlukan ketelitian dan kecermatan dalam penataannya.

Room attendant adalah posisi di dalam departemen housekeeping yang bertanggung jawab dalam kebersihan kamar dan memperhatikan kerapihan dan kelengkapan kamar sebelum di gunakan oleh tamu hotel.  Dalam membersihkan kamar tamu di hotel, tentu seorang room attendant harus mengetahui bagaimana standar operasional prosedur (SOP) dalam membersihkan kamar tamu. Mengapa hal ini penting ? karena dengan mengikuti SOP pembersihan kamar, seorang room attendant dapat membersihkan kamar tamu secara efektif dan efisien. Seperti yang diketahui, room attendant tidak hanya membersihkan satu kamar tamu saja, melainkan 20 kamar atau lebih. Maka dari itu, membersihkan kamar tamu secara efisien menjadi sangat penting.

Merapikan kamar dan menata tempat tidur biasa di sebut dengan making bad. Making bed adalah mempersiapkan tempat tidur tamu yang merupakan salah satu tahapan pekerjaan yang paling penting yang harus dikerjakan oleh seorang Room Boy atau Room Maid. Dalam making bed, beberapa aspek penting harus diperhatikan, yaitu; kebersihan, kerapian, keindahan, ketelitian, dan kenyamanan. Tentu saja pengerjaannya harus sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedure) yang telah ditetapkan oleh masing-masing hotel.

Mungkin juga banyak yang bertanya-tanya, bagaimana dan kapan sih room attendant mulai merapikan dan membersihkan kamar? Apa langkah awal yang harus di siapkan dan di perhatikan oleh room attendant untuk dapat menyiapkan kamar seefisien mungkin, dengan jumlah kamar hotel yang begitu banyaknya. Pada tahapan persiapan pembersihan kamat tamu  ini, Room Attendant lakukan persiapan seperti berikut :

  1. Melapor ke housekeeping office dengan mengabsen di daftar hadir (attendance record) pada kolom Time In.
  2. Ambil room assignment sheet atau yang disebut daftar kamar-kamar yang perlu dibersihkan oleh room attendant. room assignment sheet ini disiapkan oleh floor supervisor untuk mengontrol pembagian room atttendant dalam pembersihan semua kamar di hotel.

  3. Ambil kunci kamar (Master key) sesuai daftar kamar pada room assignment sheet, selanjutnya tanda-tangani pada “key log book” pada kolom Key Out.

  4. Ikuti “Morning briefing” yang dipimpin oleh supervisor untuk memperoleh info terkait kegiatan hotel misalkan : EA, ED, VIP, dan sebagainya.
  5. Room attendant pergi ke section masing-masing, selanjutnya persiapkan trolley dengan perlengkapan yang dibutuhkan.
  6. Selanjutnya, memeriksa semua kamar untuk pastikan status kamar sama sesuai dari sistem computer sama dengan status fisik. Disamping itu, hal ini bertujuan untuk memeriksa laundry tamu, memeriksa kamar yang ada pertanda “SERVICE dan DND” dan sebagai laporan untuk room discrepancy.

  7. Hasil pemerikasaan fisik ini akan disampaikan ke floor supervisor sabagai laporan morning housekeeping report sesudah dihimpun dari semua room attendant yang bekerja.

  8. Room attendant siap lakukan pembersihan kamar. umumnya akan dimulai dari kamar-kamar yang ada sign “make up room”.

Profesi yang menarik bukan? Tentunya butuh keahlian khusus untuk menjadi room attendant dan disiplin belajar dan berlatih. Untuk keilmuan dan pelajaran mengenai perhotelan, kamu bisa dapatkan di Sekolah Perhotelan & Pariwisata tentunya. Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor, merupakan salah satu sekolah perhotelan dan pariwisata terbesar di Kota Bogor yang telah banyak mencetak alumni dan lulusan yang saat ini sudah tersebar di seluruh dunia dalam karirnya. Sudah siap menjadi bagian dari pariwisata Indonesia?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via What'sApp Klik Disini!