Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor

STP Bogor berkolaborasi dengan LLDIKTI IV mengadakan kegiatan Coaching Clinic Proposal Hibah Penelitian dan Pengabdian di STP Bogor

(30/1) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor telah menyelenggarakan kegiatan Coaching Clinic Proposal Dana Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bersama LLDIKTI Wilayah IV Banten & Jawa Barat. Kegiatan yang diselenggarakan pada hari Kamis, 28 Oktober 2021 tersebut dihadiri oleh Ketua Penyelenggara kegiatan sekaligus Ketua LPPM Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor Ibu DR (Cand) Sri Pujiastuti, S.E., M.Par, Ketua Panitia sekaligus Ketua Penelitian di LPPM Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor Ibu Dhanik Puspita Sari, M.Pd., M.Par. Serta turut dihadiri pula oleh Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor Ibu Seruni Dinitri, S.KM., M. Par. Serta seluruh dosen dan akademisi Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor.

Acara Coaching Clinic tersebut turut menghadirkan Tim Coaching Clinic dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV yaitu Bapak Agus Supriatna, S.Sos., M.Si. selaku Sub Koordinator Akademik LLDIKTI Wilayah IV yang bertindak sebagai Pimpinan Tim, Bapak Agus Gumilar, S.T., M.Kom. selaku Analis Data Akademik yang menjelaskan Teknis dalam proses Upload Proposal di Simlitabmas serta Bapak Dr. Palti Marulitua Sitorus, M.M. selaku Reviewer Nasional yang sangat dinanti oleh para akademisi di STP Bogor.

Dalam pembukaan yang disampaikan oleh Ibu Sri Pujiastuti, beliau mengharapkan output dari kegiatan Coaching Clinic ini agar dosen dapat membuat Proposal Penelitian Pendanaan  DRPM Kemendikbud Riset dan Teknologi dan dapat mengunggah proposal tersebut di laman Simlitabmas agar dapat memajukan perekonomian nasional berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.

Acara dimulai dengan dipandu oleh Ibu Gisca selaku MC, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta pembacaan doa oleh Bapak Sekti Rahardjo, serta Moderator yaitu Ibu Yuviani. Kegiatan Coaching Clinic tersebut dilaksanakan secara hybrid (Online dan Offline) sesuai dengan peraturan Peraturan Menteri Kesehatan terkait penyelenggaraan kegiatan di masa pandemi, bahwa masyarakat sudah mulai diperbolehkan menggelar acara yang bersifat mengundang banyak orang, tentunya dengan menaati protokol kesehatan, seperti jaga jarak dan pakai masker serta tersedianya handsinitizer dan tempat cuci tangan.

Setelah menyampaikan kata sambutannya, Agus Supriatna, S.Sos., M.Si. selaku Sub Koordinator Akademik LLDIKTI IV menjelaskan kebijakan LLDIKTI IV dalam meningkatkan produktifitas penelitian dan pengabdian masyarakat perguruan tinggi, kondisi Risbang dan Klaster Risbang LLDIKTI IV, beliau juga memaparkan masalah relevansi dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, kebijakan riset hingga Protokol Penelitian ditengah Pandemi.

Agus Gumilar, S.T., M.Kom. selaku Analis Data Akademik mendemonstrasikan mekanisme pengusulan penelitian dalam laman Simlitabmas, tata cara sinkronisasi akun dosen, serta beliau  menjelaskan faktor utama untuk lolos penelitian yang sangat dibutuhkan oleh akademisi STP Bogor dalam meningkatkan kemampuan meneliti dosen.

Dr. Palti Marulitua Sitorus, M.M. selaku Reviewer Nasional yang telah memiliki berbagai sertifikat kompetensi salah satunya adalah sebagai Research Reviewer oleh Quantum HRM International, menjelaskan dengan rinci komponen dalam penilaian kinerja kelembagaan dan Komponen Penilaian Pelaksanaan Penelitian, beliau juga menekankan pentingnya Road Map Penelitian dalam Perguruan Tinggi. Sebagai Reviewer Nasional beliau menjelaskan secara rinci terkait proses review mulai dari Evaluasi Administrasi seperti rekam jejak, kualifikasi dan dokumen pendukung hingga substansi penelitian. Kegiatan yang berlangsung selama 8 jam tersebut diisi juga oleh sesi tanya jawab antara narasumber dan peserta.

Kegiatan Coaching Clinic tersebut bertujuan agar dapat membantu meningkatkan kemampuan peneliti di lingkungan perguruan tinggi untuk menghasilkan produk ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya, membangun kolaborasi antara perguruan tinggi dan mitra pengguna hasil penelitian, Memajukan kapasitas, kompetensi dan sinergi riset Indonesia. (GS)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Chat via What'sApp Klik Disini!