Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor

Profil Dosen

Beranda / Sekti Raharjo

Sekti Raharjo, S.E., M.M.

Diploma Tiga

Research Methodology

Sekti Rahardjo adalah akademisi dan juga seorang trainer yang berfokus pada pengembangan sumber daya manusia. Pria Jogja kelahiran Medan 2 Juli 1981 ini sempat mengecap pendidikan SD di Kediri lalu pindah ke kota hujan dan lulus dari SD Pengadilan 4 Bogor, dilanjutkan ke SMP Negeri 4 Kota Bogor dan SMA Negeri 1 Kota Bogor, kemudian akhirnya kuliah di jurusan Teknologi Industri Pertanian IPB dan melanjutkan magister di bidang Manajemen. 

Aktif berorganisasi sejak SMA, ia pernah menjabat di beberapa kepengurusan seperti OSIS, Pramuka, Karya Ilmiah Remaja hingga menduduki posisi sebagai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknologi Pertanian IPB pada tahun 2001-2002. Ia juga pernah mendapat juara pertama dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat perguruan tinggi dan  mewakili IPB ke jenjang wilayah.

Setelah lulus kuliah sarjana pada tahun 2003, ia mulai bekerja sebagai marketing executive di PT Central Prima Delta Karawang yang bergerak di bidang outsourcing dan manajemen Sumber Daya Manusia, hingga kemudian dipercaya untuk memegang unit training di bidang lifeskill dan learning. Tahun 2009, ia bersama beberapa rekannya mendirikan perusahaan PT Multi Cendekia Edutama yang berfokus di bidang pendidikan dan pelatihan. Di tahun yang sama juga ia memulai aktivitas mengajarnya di STP Bogor dan kini telah dipercaya menjadi ketua pengabdian masyarakat di kampus yang sama. 

Berbagai karya ilmiahnya telah dipublikasikan, di antaranya telah diterbitkan oleh Jurnal Nasional Akreditasi, Prosiding Seminar Nasional serta Prosiding Seminar Internasional. Dedikasi sebagai dosen pun ia tunjukkan dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan, seperti program pendampingan Desa Cimande dengan optimalisasi Sapta Pesona melalui Manajemen Sampah, juga mendampingi Desa Sukajadi dengan memberikan pelatihan untuk meningkatkan nilai tambah sumber daya alamnya.

Selain mengajar, beberapa aktifitas lainnya saat ini adalah sebagai trainer atau fasilitator di berbagai pelatihan pengembangan sumber daya manusia, sebagai anggota tim ahli MPR RI dalam Program Outbound Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan sejak 2015 hingga saat ini, juga tercatat sebagai trainer di ILNA Training Center dan Forlead Indonesia Bangkit. Ia juga menjadi konsultan yang membuat sistem manajerial di Kopi Koneng Art and Gallery, sebuah cafe yang terletak di Desa Bojong Koneng, Kabupaten Bogor.

Chat via What'sApp Klik Disini!