Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor

Pilihan Profesi buat kamu lulusan Perhotelan dengan konsentrasi Kitchen Department, Chef salah satu Profesi favorit!

Chef bertugas mengawasi persiapan makanan di restoran, hotel, dan tempat lainnya di mana makanan dijual.. Selain mempekerjakan, melatih dan mengawasi juru masak, mereka merencanakan menu, memastikan kualitas makanan yang konsisten dan juga memesan persediaan bahan makanan dan memeriksa inventaris. Data gaji Mei 2012 dari Badan Statistik Tenaga Kerja Amerika mengungkapkan bahwa gaji rata-rata per jam $20,42 atau Rp. 300.000,- per jam (dalam kurs per tanggal 17/08/2021), dan upah tahunan rata-rata $42,480 atau 600 juta rupiah (dalam kurs per tanggal 17/08/2021).

Department Kitchen/dapur pada hotel merupakan salah satu bagian hotel yang tugas utamanya adalah mengolah makanan atau memproduksi makanan. Dapur hotel memegang peranan yang tidak kalah penting dengan bagian-bagian lain yang ada di hotel. Dapur hotel dibagi menjadi beberapa sub bagian yang mempunyai fungsi dan tugas sesuai dengan jenis makanan yang harus disiapkan, seperti soup, vegetable, sauce, pastry, pantry dan butcher. Dalam mengolah makanan, seorang karyawan dapur atau juru masak harus mengerti tentang kesehatan dan kebersihan, pengetahuan memasak, standar resep, standar pelayanan penggunaan alat dapur dan hal lain tentang makanan. Dengan produksi makanan yang baik maka tamu akan tetap berlangganan pada hotel itu.

Berikut adalah tugas dari beberapa pekerjaan yang berkaitan dengan Departemen Dapur:

1. Chief Cook ( Executive Chef )

Biasa disebut juga Chef De Cuisine atau dipanggil dengan “Chef” saja. Pekerjaan seorang Chef lebih banyak bersifat administrative. Tugas dan tanggung jawab seorang Chef antara lain sebagai berikut :

  1. Mengelola dapur yang menjadi tanggung jawabnya.
  2. Menyusun Menu
  3. Membuat standard recipe beserta food cost nya
  4. Membuat purchase order ( bahan-bahan ).
  5. Membuat perkiraan ( forecast ) yang akan dicapai.
  6. Memimpin staff dan bawahannya.
  7. Mengawasi jalannya operasional kitchen terutama pada saat Hotel atau restaurant buka.

2. Assistant Chief Cook ( Sous Chef )

Tugas dan tanggung jawabnya adalah menggantikan kedudukan Chef apabila dia berhalangan atau sedang libur (day off).

3. Pembantu dapur (Cook helper)

Cook helper  adalah seseorang yang bertugas untuk membantu pekerjaan atasannya atau yang lebih akrab disebut dengan asisten koki. Selain itu cook helper juga harus memiliki pengetahuan dasar seputar bahan makanan dan juga bagaimana cara pengolahan yang baik dan benar sehingga bisa memudahkan pekerjaan sang juru masak (chef) dalam menyajikan hidangan yang istimewa.

4. Pencicip makanan (Food tester)

Food tester adalah orang yang begitu berperan dalam kualitas masakan. Sebelum sebuah masakan disajikan kepada penikmatnya, food tester akan terlebih dahulu mencicipi masakan tersebut. Tak sekedar soal rasa, seorang food tester juga harus memahami apakah makanan itu aman dikonsumsi atau tidak.

5. Penguji makanan (Kitchen Test)

Tugas penguji makanan adalah membuat variasi makanan dan menyusun harga. Penguji makanan harus mengetahui dasar-dasar bahan dan bentuk kue, roti, makanan serta dapat membuat variasinya. Pengetahuan soal bahan, rasa, dan harga sangat dibutuhkan disini.

6. Penata saji (Food stylist)

Food stylist merupakan profesi dalam hal menata gaya makanan untuk buku resep, pengambilan foto, iklan, atau promosi di media TV, dan surat kabar.  Di luar negeri, menjadi food stylist profesional tidak mudah. Kamu yang ingin menekuni profesi ini diharuskan untuk memiliki pendidikan dasar di bidang kuliner terlebih dahulu. Setelah lulus sekolah, kamu juga diwajibkan bekerja selama beberapa tahun sebagai seorang chef sebelum akhirnya menjadi seorang food stylist.

7. Fotografer makanan

Jangan samakan fotografer makanan, pemandangan, pernikahan, atau fotografer hewan. Masing-masing punya tantangan tersendiri. Khusus untuk fotografer makanan, objeknya adalah benda mati sehingga butuh kreativitas tinggi untuk membuatnya bergaya. Biasanya seoang fotografer makanan akan menyorot detail. Semakin detail, semakin mengunggah selera.  Kesulitannya? Bayangkan kalau kamu dituntut klien untuk memfoto es krim supaya terlihat padat dan merekah. Jika membuang-buang waktu sedikit saja, es krim akan meleleh dan tampilannya tidak cantik lagi.

Tips untuk Pemburu Pekerjaan:

CulinarySchools menyarankan siswa untuk tidak menolak kesempatan bekerja di restoran yang bagus — meskipun posisinya adalah pencuci piring/dishwasher — karena banyak selebriti chef memulai karirnya dari bawah. Kuncinya adalah memastikan bahwa itu adalah restoran yang bagus, yang juga dikenal untuk dapat melatih koki baru. Selain itu, pertimbangkan untuk mendaftar sekolah kuliner yang menyediakan bantuan magang dan penempatan karir.

Bagaimanapun, pendidikan berkembang menjadi suatu proses pembelajaran seumur hidup. Jika anda mendapatkan gelar dalam beberapa tahun ke depan, hal tersebut tidak akan menjadi akhir dari proses pendidikan & pembelajaran anda seiring berjalannya karir anda. Namun sebaliknya, kemungkinan besar anda akan memperbarui keterampilan anda secara berkelanjutan untuk mengikuti perubahan dan persyaratan baru pasar kerja, yang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi dan tren masyarakat. Berbeda dengan pendidikan yang lebih umum pada program diploma atau sarjana, di butuhkan pelatihan khusus untuk memperolehan keterampilan dan kompetensi tertentu.

Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor membantu siswanya untuk dapat magang di hotel dan restaurant terbaik di dalam dan luar negeri. Temukan informasi pendaftarannya, disini!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via What'sApp Klik Disini!