Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor

PELATIHAN PRA-KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT REUNITE PEOPLE WITH NATURE DI DESA SUKAJADI

(25/5) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat LPPM akan menyelenggarakan kegiatan “Reunite People With Earth” yang dilaksanakan pada tanggal 4 Juni 2022 di Desa Binaan LPPM Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor yaitu Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Berkaitan dengan agenda tersebut, LPPM melakukan Pelatihan dan demo masak Pra-Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 25 Mei 2022 di kantor Kepala Desa Sukajadi.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh LPPM ini dihadiri oleh para Dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor, Kepala Desa Sukajadi yaitu bapak Ade Gunawan, Pak Altayani sebagai Ketua Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS), Ibu-Ibu kader Desa Sukajadi, serta mahasiswa STP Bogor.

Kegiatan diawali dengan Pelatihan Sadar Wisata dan Sapta Pesona yang dipandu oleh bapak Sekti Rahardjo. Mengingat pentingnya Sadar Wisata dalam mendukung pengembangan Pariwisata, untuk itu dalam pencapaiannya memerlukan banyak dukungan dan partisipasi masyarakat terkait pengembangan pariwisata. Tidak hanya memberikan materi berupa tulisan, bapak Sekti Rahardjo juga memberikan permainan untuk melatih konsentrasi para peserta agar peserta turut aktif dan memahami makna tentang Sadar Wisata, permainan yang dilakukan bernama “Pak Kades berkata, angkat tangan” yang diikuti dengan antusiasme para warga Desa Sukajadi.

(Ice breaking “Pak Kades Berkata Angkat Tangan”)

Selanjutnya pelatihan Sapta Pesona dipandu oleh ibu Maidar Simanihuruk. Sapta Pesona terdiri dari unsur-unsur Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Kesejukan, Keindahan, Keramahan, dan Kenangan. Ibu Maidar Simanihuruk juga menyanyikan lagu “Naik Naik ke Puncak Gunung” serta mengubah liriknya menjadi 7 unsur Sapta Pesona dan meminta para peserta untuk ikut bernyanyi bersama.

(Warga Desa Sukajadi sedang bernyanyi 7 Unsur Sapta Pesona)

Dilain tempat, diadakan Praktik mengembangkan Produk Food and Beverage, Sosialisasi CHSE, Pelatihan menghitung food cost dengan jumlah besar dan pemaparan pengemasan produk yang akan dijadikan makan siang dan snack dengan narasumber yaitu Ibu Seruni Dinitri, Ibu Nisa Rahmaniyah, Ibu Tatik Sriwulandari, Ibu Aggy Lestari dan Ibu Saleha. Pelatihan masak tersebut dihadiri ibu-ibu kader Desa Sukajadi atau pelaku UMKM Desa Sukajadi. menu yang dimasak adalah cheese stick pala dan minuman pala yang nantinya akan dijadikan welcome drink dan snack box untuk para peserta pelatihan “Reunite People with Nature”.

(Demo masak dan praktik pembuatan Chespal dan Mipala)

Ibu Dhanik Puspita, bapak Samuel dan Bapak Wildan Rizky Rahadian memberikan Pelatihan Pemandu Wisara Lokal (Local Guide Training) dimulai dari tata cara penyelenggarakan kegiatan wisata pada masa penanganan Covid-19, tata cara berkomunikasi dengan wisatawan, serta merencanakan, mempersiapkan, dan melakukan pemanduan. Tak hanya memberikan sosialisasi, tim juga melakukan Kegiatan Praktik Lapangan langsung di Kampung Ramah Lingkungan (KRL).

(Sosialisasi dan Praktik Local Guide Training)

Harapan dilaksanakannya Pelatihan Pra-Kegiatan “Reunite People with Nature” sebagai refreshment setelah sebelumnya diberikan pelatihan pengelolaan program paket wisata “One Day Package Tour” oleh LPPM STP Bogor kepada Desa Sukajadi agar bertambahnya kemampuan/keahlian pengelola Desa Wisata Sukajadi dalam mengelola sebuah Paket Tur Wisata. (gs)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Chat via What'sApp Klik Disini!