Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor

PELAKSANAAN WORKSHOP “TEKNIK PENGINPUTAN DOKUMEN DOSEN PADA RAGAM APLIKASI ONLINE LLDIKTI IV”

Dosen merupakan salah satu profesi yang memiliki tugas serta tanggung jawab dalam bentuk TRIDHARMA Perguruan Tinggi. Untuk mendukung TRIDHARMA Perguruan Tinggi tersebut, para dosen diwajibkan memiliki beberapa akun yang berkaitan dengan penginputan dokumen kinerja dosen tersebut. Adapun beberapa akun tersebut adalah SINTA (Science and Technology Index), BIMA (Basis Informasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat), OJS (Open Journal System), HKI (Hak Kekayaan Intelektual), Google Scholar dan SISTER (Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi).

Dikarenakan perkembangan Revolusi Industri 4.0 saat ini aplikasi-aplikasi dari Kemendikbud khususnya LLDIKTI IV memungkinkan setiap layanan saling terhubung sehingga akses portofolio dosen, data-data formal seperti aktivitas dosen, riwayat pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dapat terlihat yang akhirnya mempermudah perencanaan pengembangan kompetensi dan karir pada dosen yang bersangkutan, terkait hal tersebut Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STP Bogor berkolaborasi dengan Bidang Akademik STP Bogor mengadakan Workshop dengan tema “Teknik Penginputan Dokumen Dosen pada ragam Aplikasi Online LLDIKTI IV” untuk meningkatkan pemahaman bagi akademisi STP Bogor.

Workshop ini diadakan dalam 2 sesi, sesi pertama pada tanggal 23 Juli 2022 dan sesi yang kedua pada tanggal 26 Juli 2022. Kegiatan kolaborasi antara LPPM dan Akademik ini menghadirkan Narasumber yang akan menjelaskan serta memandu teknis penginputan dokumen dosen pada ragam aplikasi tersebut. Narasumber tersebut adalah Nisa Rahmaniyah Utami, S.Pd., M.Pd. dengan materi materi terkait Publon, Garuda dan Wos, Dina Hariani, S.Hum., M.Par. menjelaskan terkait SISTER, Aditya Sugih Setiawan, SST.Par., M.Par, menjelaskan materi terkait Google Scholar, Rima Pratiwi Batubara, S.Hut., M.Si, dengan materi terkait OJS dan HKI serta Sekti Rahardjo, S.TP., M.M. menjelaskan terkait BIMA.

Selain mendengarkan materi yang disampaikan oleh para narasumber, semua peserta juga diminta untuk mempraktikan langsung materi yang disampaikan oleh narasumber. Dengan diadakannya workshop ini kami berharap agar para dosen mendapatkan pengetahuan dan keterampilan tentang penginputan dokumen dosen pada aplikasi online LLDIKTI.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Chat via What'sApp Klik Disini!