Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor

Mengenal lebih dekat Jurusan Perhotelan dan syarat menjadi mahasiswa Perhotelan

Mungkin kamu telah mengarahkan pandangan kamu pada karir di bidang perhotelan. Sekarang kamu mungkin bertanya pada diri sendiri apa jalur karir terbaik untuk diikuti untuk memaksimalkan peluang sukses saya di bidang manajemen hotel atau gastronomi?

Bagaimanapun, nilai kamu bagi calon pemberi kerja atau, memang, kemampuan kamu untuk menjadi pengusaha yang sukses pada dasarnya akan bergantung pada pendidikan dan pengalaman kerja – yang mungkin belum tentu di sektor perhotelan.

Pasti kamu sering mendengar pekerjaan di hotel adalah soal membersihkan kamar, menjadi pelayan dan melayani tamu, berkutat di dapur dan pekerjaan-pekerjaan berat lainnya mengenai pelayanan dan hospitality. Namun sesungguhnya, pekerjaan dalam bidang perhotelan tidak hanya sekedar itu.

Pendidikan bidang perhotelan merupakan bidang ilmu yang mempelajari pengelolaan hotel serta cara menyeimbangkan aspek wisata dan manajemen bisnis untuk mencapai kesuksesan. Beberapa topik yang akan diajarkan antara lain mengenai pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan, melindungi budaya lokal, manfaat ekonomi yang diperoleh bagi masyarakat sekitar serta kesejahteraan karyawan. Selain itu kamu pun akan dibekali dengan pelajaran bahasa asing untuk menghadapi tren wisatawan internasional yang terus meningkat.

Untuk menjadi mahasiswa perhotelan kamu wajib memilik 5 keterampilan berikut:

  1. Keterampilan komunikasi

Komunikasi menjadi salah satu syarat penting dalam bidang perhotelan, karena hotel tidak hanya menjual kamar dan fasilitas hotel. Namun, menghadapi tamu secara langsung adalah target paling utama untuk poin kepuasan pelanggan. Jika kamu belum begitu memiliki kemampuan ini, pendidikan perhotelan lah yang akan membantu kamu.

  1. Kemampuan bahasa asing

Tentu tamu hotel tidak hanya dari dalam negeri saja, melainkan juga dibuka untuk melayani wisatawan atau tamu dari mancanegara. Minimal kamu dapat menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa International untuk memudahkan kamu berkomunikasi dan memahami apa yang diinginkan oleh tamu.

  1. Kemampuan membantu kebutuhan tamu

Sikap melayani, membantu sepenuh hati, dan ramah terhadap tamu adalah salah satu sikap yang harus dimilik sebagai bagian dari industri perhotelan. Tentunya, kamu akan bertemu dengan berbagai macam pengunjung, seperti tamu reguler, keluarga maupun group. Selain itu juga kamu harus siap-sedia pada saat menghadapi situasi yang berbeda atau kebutuhan tamu yang berbeda dari biasanya.

  1. Kemampuan bekerja secara tim

Tentunya Hotel memiliki berbagai departemen beserta orang-orang yang bertanggung jawab di dalamnya, selayaknya organisasi dengan banyak departemen yang saling berkaitan sehingga terbentuklah support system yang bekerja secara otomatis.  Sehingga, kamu harus dapat bekerja secara tim sebagai anak perhotelan. Contohnya, apabila kamu adalah karyawan sales dan sudah berjualan dengan baik, namun kamu mendapati tamu kecewa terhadap makanan yang disediakan oleh tim F & B. Makanan tidak sesuai dengan yang diinginkan oleh tamu. Tentunya tamu tidak akan menilai hanya per departemen, namun keseluruhan dari hotelnya. Bekerja secara tim tentunya akan membuat pekerjaanmu semakin ringan dan cepat dengan selesai.

  1. Detail, teliti & tekun

Sudah seharusnya kamu sebagai bagian dari industri perhotelan memiliki 3 hal ini, yaitu; Detail, teliti & tekun. Bukankah kalian selalu ingin menghindari complain dari tamu? atau bahkan dapat surat peringatan dari atasan karena kesalahan kerjaan yang kurang detail & teliti? Kuncinya adalah kamu harus bisa fokus dan profesional dalam bekerja, walaupun kamu berada dalam kondisi tidak baik dan sedang mengalami masalah di luar dari pekerjaan kamu. Saat datang untuk bekerja, kamu harus bisa melupakannya untuk sementara.

Bagaimanapun, pendidikan berkembang menjadi suatu proses pembelajaran seumur hidup. Jika anda mendapatkan gelar dalam beberapa tahun ke depan, hal tersebut tidak akan menjadi akhir dari proses pendidikan & pembelajaran anda seiring berjalannya karir anda. Namun sebaliknya, kemungkinan besar anda akan memperbarui keterampilan anda secara berkelanjutan untuk mengikuti perubahan dan persyaratan baru pasar kerja, yang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi dan tren masyarakat. Berbeda dengan pendidikan yang lebih umum pada program diploma atau sarjana, di butuhkan pelatihan khusus untuk memperolehan keterampilan dan kompetensi tertentu.

Jadi, berikut adalah hal dan syarat-syarat untuk menjadi mahasiswa perhotelan yang tentunya hal diatas adalah syarat mendasar yang harus mulai kamu tanamkan dalam diri kamu dan kamu sanggup menjalaninya sebagai siswa perhotelan.

Selamat! Sepertinya kamu sudah memenuhi semua persyaratan yang disebutkan diatas. Sekarang saatnya untuk menentukan pendidikan kamu! Hubungi kami untuk informasi pendaftarannya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via What'sApp Klik Disini!