Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor

Kuliah di Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor Jalur Beasiswa

Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor adalah sekolah pariwisata terbesar di Bogor. Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor atau STP Bogor adalah sebuah institusi pendidikan berbentuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang telah berdiri pada 01 September 2009.  Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor menyediakan program pendidikan formal: Sarjana (S1), Diploma (D4), dan Diploma (D3). Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor juga menyediakan beberapa Program Pelatihan seperti: keramahtamahan dasar, penanganan keluhan, peningkatan keterampilan penjualan, pengendalian biaya, tata cara meja, dan lainnya.

 

Melihat dari segi potensi pariwisata di Indonesia, jurusan perhotelan dan pariwisata ini tentu menjadi prospek yang sangat bagus. Mengapa? Karena pada faktanya, penyumbang salah satu devisa Negara terbesar di Indonesia adalah dari sektor parwisata. Wilayah-wilayah pariwisata Indonesia begitu menarik untuk para wisatawan lokal maupun luar negeri, sehingga perputaran ekonomi di suatu daerah bergerak seiringnya peningkatan kualitas pariwisatanya. Itu mengapa, banyak sekali akomodasi dan infrastruktur yang di bangun demi meningkatkan dan mendukung berkembangnya parwisata di setiap wilayah pariwisata Indonesia.

Tentunya dengan potensi pariwisata yang cukup besar dari generasi muda Indonesia, Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor sangat mendukung sekali pendidikan untuk kemajuan bangsa. Salah satunya dengan membuka jalur beasiswa. Jenis beasiswa yang di buka oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor beragam macam. Ada yang dikeluarkan oleh kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor Sendiri, dan juga ada yang di berikan oleh Pemerintah yang biasanya memiliki kuota dengan jumlah tertentu. Jalur beasiswa yang biasa di adakan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor sebagai berikut:

  1. Jalur Beasiswa Program PMDK/Raport & Prestasi (akademik maupun non akademik)
  2. Jalur Beasiswa dilihat dari domisili atau KTP Kota Bogor dan Jawa Barat
  3. Jalur Beasiswa dilihat dari follower social media atau influencer
  4. Jalur Beasiswa dengan menunjukan Sertifikat Vaksin

Dengan jalur beasiswa tersebut, calon mahasiswa yang mendaftar berhak mendapatkan keringanan biaya kuliah sebesar 10% s/d 20% dari total biaya tahunan. Selain beasiswa dari jalur internal, kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor juga membuka beasiswa dari pemerintah yang dinamakan beasiswa jalur KIP (Kartu Indonesia Pintar) yang di adakan tiap tahun dengan kuota terbatas. Jalur beasiswa KIP ini memberikan beasiswa penuh terhadap mahasiswa yang memenuhi kriteria dan syarat tertentu yang telah di buat oleh pemerintah. Berikut syarat untuk mendaftarkan diri sebagai pendaftar/penerima beasiswa KIP:

  1. Foto/scan kartu pendaftaran KIP di web Kemendikbud di link

https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

  1. Fotokopi Raport Semester 1 s/d 5
  2. Fotokopi KTP/KTP Sementara
  3. Fotokopi SKCK
  4. Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai
  5. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan setempat
  6. Melampirkan foto Rumah (tampak depan, belakang, samping & dalam)

Program yang di buka untuk jalur KIP ini adalah program:

  1. S1 Pariwisata
  2. D4 Management Perhotelan
  3. D3 Management Perhotelan

Dengan adanya beasiswa yang di adakan oleh instansi pendidikan dan di tambah dari dukungan pemerintah ini, di harapkan dapat membuka akses pendidikan dan kesempatan seluas-luasnya untuk semua orang khususnya warga Indonesia untuk mendapat pendidikan. Sehingga pendidikan Indonesia dapat dirasakan merata, diseluruh wilayah Indonesia. Merujuk dari Undang-Undang Dasar 1945, pasal 31 Ayat (1) yang menyatakan “Setiap Warga Negara Berhak Mendapat Pendidikan”.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via What'sApp Klik Disini!