Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor

Kegunaan Gelas Yang Digunakan di Hotel

Sebagai anak perhotelan, kamu akan mendapatkan mata kuliah tentang food & beverage atau biasa di singkat F & B. Untuk mengenali jenis & fungsi gelas tentu menjadi sangat penting untuk kamu ketahui sebagai calon mahasiswa perhotelan. Karena hal tersebut adalah pelajaran paling mendasar untuk kamu ketahui. Simak yuk, bagaimana membedakan jenis dan mengetahui fungsi dari gelas-gelas yang akan kamu temui di dalam restaurant ataupun bar hotel.

Outlet Food and Beverage di Hotel menggunakan berbagai macam gelas untuk berbagai jenis minuman. Glassware yang ada di outlet F&B merupakan gelas yang paling halus dan mahal dari semua peralatan maka harus diperlakukan sangat hati-hati. Jenis gelas yang berbeda itu tergantung penyajian minumannya. Saat ini beberapa hotel mulai menggunakan jenis gelas yang sama untuk beberapa jenis minuman. Hal ini dapat mengurangi jumlah jenis barang pecah belah yang harus mereka simpan untuk persediaan.

Full Service Hotel biasanya menghindari barang pecah belah yang diproduksi secara massal yang umumnya tebal dan banyak memiliki ketidaksempurnaan meskipun tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan produk yang bagus dan mahal. Tetapi chain hotel lebih menganggap nilai uang sebagai kriteria penting dalam menerima barang pecah belah tersebut. Sebagai tambahan, manajemen harus mempertimbangkan fungsi serta bentuk saat membeli barang pecah belah untuk operasi f&B mereka.

Ini dia jenis gelas yang digunakan di hotel sesuai minuman yang disediakan:

  1. Shot glass

Gelas ini digunakan untuk menyajikan spirit tanpa es atau straight, plain, pure atau neat. Ukuran 1 0z – 2 0z. Berukuran kecil, biasa digunakan untuk minuman yang sekali tegukan, seperti soju atau coctail.

  1. Mug

Kalau jenis gelas ini pasti sudah sering ditemui dan hampir dimiiki di setiap rumah. Gagang pada gelas ini berfungsi agar tidak kepanasan ketika memegangnya. Sering digunakan untuk menyeduh kopi atau teh (minuman yang cenderung panas).

  1. Goblet

Gelas ini memiliki kaki jenjang. Sering digunakan untuk air putih, wine atau soft drink. Meski berkaki, tidak disarankan untuk menampung minuman panas.

  1. Margarita glass

Hampir mirip dengan goblet. Gelas ini memiliki wadah seperti corong dan dua lekukan. Biasa digunakan untuk minuman jenis koktail.

  1. Flute glass

Flute glass lebih tingggi dari goblet. Biasa digunakan untuk menyajikan minuman mewah, seperti sampanye.

  1. Snifter glass

Mirip dengan goblet. Perbedaanya terletak pada kakinya. Snifter glass lebih pendek dengan wadah yang lebar. Digunakan untuk menyajikan minuman seperti wiski, brandy, dan bourbon. Biasanya, gelas dipanaskan terlebih dahulu sebelum brandy dituangkan, agar aromanya saat disajikan akan keluar.

  1. Cooler glass

Biasa digunakan untuk jus buah atau minuman yang menggunakan tambahan es. Gelas ini lebih tebal daripada gelas pada umumnya.

  1. Pilsner glass

Gelas ini dipakai untuk wadah bir. Tetapi faktanya, beberapa restoran di Indonesia menggunakannya sebagai wadah jus dan minuman manis lainnya.

  1. Hurricane glass

Hurricane yang dalam bahasa Indonesia berarti angin topan atau badai. Dinamai badai karena bentuk lekukan wadahnya yang tinggi dengan tumpuan kaki bulat dan pipih. Biasa digunakan untuk minuman squash, blue hawaii, atau long island ice tea.

  1. Irish coffee glass

Gelas ini sering digunakan untuk special hot coffee drink.

Tips saat memilih barang pecah belah:

  • Kaca dengan tepi dan pelek yang digulung mengurangi masalah seperti pecah dan retak.
  • Barang-barang kaca dengan kaca tebal dan bentuk yang bagus juga dapat mengurangi kerusakan.
  • Gelas bertangkai sangat mungkin untuk pecah, jadi saat memilih kaca bertangkai pilihlah desain yang lebih sulit untuk terbalik.

Bagaimanapun, pendidikan berkembang menjadi suatu proses pembelajaran seumur hidup. Jika anda mendapatkan gelar dalam beberapa tahun ke depan, hal tersebut tidak akan menjadi akhir dari proses pendidikan & pembelajaran anda seiring berjalannya karir anda. Namun sebaliknya, kemungkinan besar anda akan memperbarui keterampilan anda secara berkelanjutan untuk mengikuti perubahan dan persyaratan baru pasar kerja, yang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi dan tren masyarakat. Berbeda dengan pendidikan yang lebih umum pada program diploma atau sarjana, di butuhkan pelatihan khusus untuk memperolehan keterampilan dan kompetensi tertentu.

Seru bukan membedakan jenis-jenis gelas yang digunakan di hotel? Untuk pengetahuan lebih detail tentang Food & Beverage, tentunya hal tersebut bisa kamu dapatkan di kampus Pariwisata. Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor bisa menjadi pilihan kampus Pariwisata kamu untuk karir dan pendidikan kamu loh. Sepertinya kamu semakin tertarik mempelajari mengenai perhotelan!  Kontak konselor kami untuk informasi pendaftaran.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via What'sApp Klik Disini!