
Dalam sebuah hotel, tentu membutuhkan banyak pekerja, khususnya hotel-hotel besar atau berbintang 4-5, tentu diperlukan adanya struktur organisasi yang dibuat khusus untuk hotel.
Pada umumnya hotel kecil memiliki struktur organisasi yang lebih sederhana, seperti bagian manajer, resepsionis, housekeeping dan juga kitchen yang bertugas memasak.
Namun, untuk hotel yang lebih besar pada setiap bagian akan diperinci lebih karena tugasnya juga cukup banyak.
1. General Manager
Dalam struktur organisasi yang ada di hotel, general manager merupakan pimpinan tertinggi yang ada di sebuah hotel.
Untuk tugas general manager ini yaitu bertanggung jawab terhadap semua penyelenggaraan kegiatan hotel serta melakukan pengawasan terhadap performa kerja bawahannya. General Manager ini juga biasanya bertanggung jawab kepada CEO atau pemilik hotel. Gaji dari seorang general manager yaitu Rp20-30 juta per bulan.
General manager juga tidak bekerja sendiri, dia dibantu oleh asisten manager dan para manajer dari setiap departemen.
2. Assistant General Manager
Semakin besar sebuah hotel maka semakin besar juga tanggung jawab seorang GM. untuk itu dalam beberapa hotel besar, GM akan dibantu oleh asisten General Manager.
Asisten manajer mendapatkan tugas langsung atau arahan dari GM. juga terdapat asisten manajer GM akan menggantikan peran GM ketika pergi keluar kota/sakit atau bahkan ada urusan di luar hotel.
Nah , untuk gaji asisten manager setiap bulannya bisa mencapai Rp5-12 juta perbulan.
3. Room Division Manager
Manajer ini bertugas memimpin room division yang bertugas dalam menyiapkan kamar, pemesanan kamar/booking, check in sampai check out agar dapat berjalan dengan lancar.
Dalam departemen atau divisi ini juga dibagi menjadi dua yaitu housekeeping yang bertanggung jawab terhadap ruangan/kamar hotel baik sebelum digunakan maupun sesudah digunakan. Dan front office yang bertugas menerima tamu, memeriksa pesanan dan menginformasikan ketersediaan kamar terhadap konsumen.
a. Housekeeping
Housekeeping bertugas untuk menjaga kebersihan, kerapian dan kenyamanan setiap bagian hotel, baik itu bagian dalam hotel maupun bagian luar.
Bagian dalam hotel meliputi rcade, drugstore, bank, money changer, travel agent, meeting room, restaurant dan lain sebagainya. Untuk bagian luar seperti area parkir, taman, kolam renang dan lain-lain.
- Public Area Section
Bertugas dan bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan, keindahan dan kenyamanan area hotel.
- Room Section
Bertanggung jawab terhadap kebersihan, kerapian sekaligus kelengkapan kamar tamu.
- Linen dan Laundry
Bertugas untuk mengatur pengelolaan linen di hotel, linen ini yaitu produk hotel yang terbuat dari kain. Meliputi sprei, sarung bantal, handuk bahkan sampai seragam karyawan.
- Gardener Section
Bertanggung jawab untuk membantu hingga merawat semua jenis tanaman di hotel.
b. Front Office
Front office merupakan bagian yang bertugas untuk melayani check in dan check out tamu hotel.
- Reception / Front Desk Attendant
Bertugas melayani tamu hotel untuk check in dan check out.
- Reservation
Tugasnya adalah untuk melayani pemesanan kamar oleh tamu.
- Information / Call Center
Bertanggung jawab dalam memberikan informasi termasuk pemesanan melalui telpon.
- Cashier
Bertugas sebagai tempat pembayaran.
4. Food & Beverage Manager
Food & Beverage Manager, ini bertanggung jawab terhadap makanan dan minuman yang ada di hotel meliputi makanan untuk tamu hotel (sarapan), untuk karyawan hingga jika ada acara atau event di hotel.
a. Food Production
Yaitu bagian yang bertugas untuk memproduksi makanan, bagian ini biasanya ada di dapur makanan dan minuman akan diproduksi. Ini lah beberapa bagian dari food production :
- Kitchen
- Pastry
- Pot washing
b. F&B
Ada juga beberapa makanan dan minuman yang bertugas untuk melayani tamu. Yaitu terdiri dari :
- Bar
- Restaurant
- Room service
- Benquet
5. Human Capital (HC)
Human capital bertugas mengelola sumber daya manusia mungkin demi kemajuan dan kebersihan hotel.
6. Marketing and Sales
Marketing and sales ini terdiri dari beberapa bagian yaitu :
- Public Relation
- Sales E-Commerce
- Sales Excecutive
- Internet Marketing
7. Finance Manager
Bagian ini bertugas untuk melakukan pengelolaan administrasi dan keuangan di sebuah hotel. Bagian ini biasanya terbagi menjadi :
- Purchasing
- Accounting
8. Engineer
Engineer merupakan karyawan yang bertanggung jawab atas pemeliharaan, pengelolaan, dan perbaikan seluruh aset yang meliputi gedung hotel, perlengkapan mekanik dan elektronik hotel.
9. Security Director
Security bertanggung jawab atas keamanan hotel secara keseluruhan.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Jika sobat pariwisata ingin mempelajarinya lebih dalam lagi Ayo bergabung bersama kami mengenalkan dunia Pariwisata dan hotel demi menyongsong masa depan dan ekonomi hijau indonesia !
Segera daftar kuliah sekarang dan bergabung bersama kami, Sekolah Tinggi Peristiwa Bogor ! Kuliah singkat, mudah kerja.
Info lebih lanjut :
Untuk perndaftaran bisa klik link berikut:
Penerimaan Mahasiswa Baru 2022-2023
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Tika : 0856-1806-560
Instagram : @stpbogor_bhi