Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor

Dasar Kuat & Tepat Menjadi Awal Menguasai Bahasa Inggris Dengan Baik & Benar

Image Source: http://www.freepik.com

Salam jumpa, perkenalkan saya Samuel, salah satu dosen tetap di Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor dan saya bernaung di dalam Program Studi (Prodi) Strata-1 (S1) Jurusan Pariwisata. Salah satu mata kuliah yang saya ampu adalah Bahasa Inggris Dasar atau yang lebih dikenal dengan Basic English yang tentunya menjadi bekal yang sangat berguna dalam dunia pariwisata, industri perjalanan serta perhotelan baik secara nasional maupun internasional. Mata kuliah ini ditujukan kepada mahasiswa/i di semester 1 dan memiliki tujuan untuk memberikan hal-hal dasar dalam Bahasa Inggris. Salah satu hal yang mendasar dan penting adalah tahapan dalam mempelajari Bahasa Inggris, yaitu sebagai berikut:

  1. Listening (Mendengarkan)
  2. Reading (Membaca)
  3. Writing (Menulis)
  4. Speaking (Berbicara)

Listening menjadi tahapan pertama yang paling mudah dengan menggunakan salah satu panca indera yaitu telinga sebagai media pendengaran. Selanjutnya diikuti dengan Reading yang memiliki tingkatan tantangan dan kesulitan yang meningkat dikarenakan selain harus menggunakan panca indera mata sebagai media penglihatan terhadap materi yang akan dibaca, sebenarnya diperlukan panca indera lainnya yaitu mulut, bibir, lidah, dan pita suara yang terintegrasi untuk benar-benar membaca dengan mengeluarkan suara sesuai dengan materi bacaan. Pada tahap Reading inilah yang seringkali masih banyak terlewatkan dimana membaca tetapi tidak mengeluarkan suara, atau istilah yang lebih dikenal adalah membaca dalam hati. Tahapan Reading yang tepat adalah membaca dengan suara sehingga dapat melatih (a) volume; (b) kecepatan berbicara; (c) nada; (d) intonasi. Untuk tahapan Listening adalah bentuk pembelajaran pasif (passive learning) karena sebagian besar kegiatan yang dilakukan adalah diam atau secara pasif fokus dan konsentrasi untuk mendengarkan. Tahapan Reading bisa terbilang bentuk pembelajaran mekanis (mechanical learning) karena mekanisme atau pergerakan timbulnya suara dalam proses membaca berasal dari materi bacaan tersebut sehingga tutur kata serta ucapan digerakkan oleh kata-kata dalam materi bacaan tersebut.

Lebih lanjut untuk tahapan Writing dan Speaking ini dapat disebut sebagai bentuk pembelajaran aktif (active learning) karena dalam Writing dibutuhkan aktifitas berfikir yang aktif dalam mengembangkan komposisi tulisan (writing composition) dimulai dengan pengembangan topik utama (main topic or grand topic), pembahasan turunan (sub topics) yang dituangkan dalam bentuk paragraf pembuka (opening paragraph), paragraf inti (main paragraph), dan paragraf penutup (closing paragraph). Sedangkan tahap terakhir dalam pembahasan ini adalah Speaking, dimana dalam tahapan inilah terjadinya percakapan (conversation) yang  diperlukan aktifitas aktif dalam mendengarkan (active listening) terhadap lawan bicara dan kemampuan (ability) serta keterampilan (skill) untuk memberikan tanggapan (respond) dalam bentuk pembicaraan (speaking). Demikian pemaparan serta penjelasan yang dapat saya sampaikan melalui kesempatan artikel singkat ini, semoga bermanfaat serta bisa menjadi motivasi dalam mengenal, mempelajari, memahami, dan mulai menguasai Bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa asing yang digunakan secara internasional khususnya dalam dunia pariwisata, industri perjalanan serta perhotelan, Terima kasih sudah membaca artikel ini, semangat selalu dan jangan pernah berhenti atau menyerah untuk selalu belajar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Chat via What'sApp Klik Disini!