Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor

Bersih Apakah Sudah Higienis? Pentingnya Keamanan Pangan Di Dunia Resto Dan Hotel

Image Source: http://www.mountelizabeth.com.sg/

Dunia resto dan hotel mempunyai pelayanan penyajian makanan yang harus benar-benar dipenuhi keamanannya. Apa yang terjadi jika tamu komplain tiba-tiba sakit perut setelah menyantap makanan yang kita sajikan? Bagaimana jika tamu menemukan sebuah hewan asing di dalam makanan atau minuman yang kita sajikan? Bagaimana jika tamu memviralkan hasil temuan mereka di berbagai sosial media? Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga keamanan makanan untuk menghindari hal-hal tersebut diatas.

Apa yang harus kita lakukan? Berawal dari higienitas diri kita. Apakah kita sudah mencuci tangan dengan benar mengikuti panduan WHO? Terdapat berbagai ketentuan personal hygiene yang baik dan benar, mulai dari pengaturan rambut sampai dengan alas kaki yang kita pakai. Sebagai penjamah makanan, maka faktor lain yang harus diperhatikan adalah kita harus menjaga bahan makanan atau minuman yang akan kita sajikan ke tamu. Mulai dari penerimaan bahan baku, penyimpanan yang baik dan benar, pengolahan makanan, sampai dengan penyajian makanan tersebut agar nutrisi dan kebersihannya tetap terjaga.

Hal penting lainnya adalah bagaimana kita mengontrol hewan-hewan yang dapat menjadi media pemaparan bakteri, virus, parasit, maupun jamur kedalam bahan makanan atau minuman yang akan disajikan. Oleh karena itu, sebagai penjamah makanan maka kita harus memiliki pengetahuan mengenai SAFETY, HYGIENE AND SANITATION untuk dipraktekkan di tempat kerja kita atau di dalam kehidupan kita sehari-hari.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Chat via What'sApp Klik Disini!