
Dewasa ini, banyak orang yang melepaskan kepenatan dengan berlibur khususnya saat Weekend telah tiba. Objek Wisata Alam hingga hotel menjadi salah satu alternatif sebagai healing saat liburan. Tak heran, banyak sekali pengunjung merencanakan untuk memesan tiket sebelum weekend tiba, salah satunya adalah Hotel. Hotel dijadikan tempat healing dikarenakan pemesanan tiket dapat dilakukan secara online dan banyak mendapatkan promo menarik jika pemesanan dilakukan secara online melalui marketplace.
Restaurant yang terdapat di Hotel memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke Hotel, bahkan ada beberapa pengunjung yang datang berkali kali untuk menginap di Hotel agar dapat makan di restaurant tersebut. Pada umumnya, jenis restaurant yang berada di hotel antara lain Grill Room, Coffe Shop, Supper Club dan Speciality Restaurant
Grill Room merupakan restaurant formal, menu yang disajikan lengkap dari appetizer, soup, maincourse sampai dessert, pelayanan yang disajikan French Service yaitu masak dan penyajian makanan semuanya di depan tamu, memasak dengan memakai gueridon dan dengan cara flambe, table set up “elaborate cover” atau set up meja yang lengkap
Coffe Shop merupakan restaurant non formal, buka 24 jam, menu dan set up jenis “a la carte”, penyajian makanan serba cepat dengan cara “plate service” yaitu makanan sudah siap diatas piring dari kitchen dan langsung disajikan ke depan tamu (disebut juga American Service)
Supper Club merupakan restaurant yang mengutamakan sajian hiburan baik dari artis terkenal baik lokal maupun internasional. Sedangkan makanan dan minuman hanyalah sebagai pelengkap. Harga yang ditawarkan merupakan paket (hiburan, makanan dan minuman).
Speciality Restaurant merupakan restoran yang memiliki ciri khas baik dari segi jenis pelayanan, dekorasi, seragam, musik, dll. yang menyesuaikan dari mana makanan itu berasal.
Sumber : Stanley Mandolong (Handout Restaurant Operation)